0271 7463537 083819600200 083819600200
(pcs)

SELF RESCUE

Thursday, July 20th 2017.
Teknik Rescue sangat sulit dan kompleks. Ini memerlukan banyak latihan, banyak belajar dan mencoba banyak Teknik Rescue. Mahir melakukan teknik rescue pada saat latihan bukan  menjadi jaminan anda akan mampu melakukan rascue pada kondisi yang sebenarnya. Factor mental sangat berpengaruh. Persiapkanlah diri anda mengahadapi kondisi ini. Perbanyaklah teknik rescue yang anda miliki dan rajinlah berlatih dengan mengulang ulang  teknik yang anda telah kuasai.
Self Rescue

Pada dasarnya seseorang yang mulai memasuki gua gua vertical tanpa mengetahui teknik rescue bisa dikatakan orang itu adalah caver yang tidak bertanggung jawab. Bekali juga diri anda dengan pengetahuan medical practice karena juga akan sangat berguna. Terutama bagaimana mengenali kondisi korban dan cara pemberian pertolongan pertama. Sebelum melakukan tindakan, buatlahlah keputusan tentang teknik apa yang akan anda gunakan.

dibawah ini ada beberapa kemungkinan tindakan atau teknik bisa anda lakukan antara lain :

MENDEKATI KORBAN
langkah inilah yang pertama harus dilakukan. Untuk kondisi korban yang tergantung di tali kita harus melakukan Rappelling untuk mendekati korban. Ini akan mudah apabila ada tali cadangan yang tersedia. Tetapi kalau tidak anda terpaksa harus menggunakan tali yang digunakan korban. Dengan kondisi tali yang tegang tentunya akan susah untuk meniti tali. Teknik yang lebih mudah adalah turun dengan memanfaatkan peralatan untuk naik dengan cara menggeser kebawah secara bergantian Jammer dan Croll. Kelemahan teknik ini adalah lambat dalam meniti tali kebawah.
Teknik lain yang bisa lebih cepat yaitu Rappelling tali tegang dengan menggunakan simple atau autostop dengan cara tertentu. Yaitu tali dimasukkan kedalam Descender tidak melewati dua bulatan kumparan Descender (seperti pemasangan normal) melainkan dimasukkan diantara sela dua bulatan. Teknik yang menggunakan simple dimana lubang cantolan carabiner pada simple dipasang dua carabiner tidak bisa dilakukan untuk simple yang buatan sekarang karena lubangnya kecil hanya bisa masuk satu carabiner (Untuk Simple jenis ini ikuti teknik menggunakan Auto Stop).
Lihat gambar dibawah ini :
MELEPASKAN KORBAN DARI TALI DAN MEMBAWA TURUN
Ada beberapa macam teknik mengenai hal ini. Yaitu :
METODE FOOT LOOP DAN CROLL
caranya :
  1. Bergeraklah ke posisi korban
  2. Cantolkan Cowstail Pendek ke bagian bawah Maillon Rapide (MR) korban sebagai pengaman.
  3. Lepaskan Ascender penolong dari tali .
  4. Lepaskan Footloop dan Carabinernya dari Jammer lalu masukkan bagian tengah Footloop ke Carabiner Jammer korban, lalu Carabiner Footloop dicantolkan pada lubang atas Croll dan bagian sisi Footloop dekat Loop dimasukkan kedalam Croll penolong. Sisakan jarak antara Carabiner Footloop dengan Carabiner Jammer korban sepanjang 10 cm.
  5. Injak Footloop korban, berdiri sambil menarik Footloop untuk menaikkan posisi Croll lebih keatas hingga pada posisi yang diinginkan
  6. Dorong pantat korban keatas. Dorongan tangan akan membantu Footloop menarik korban keatas hingga Croll korban mulai tidak terbebani. Pasang Descender, kencangkan talinya, lalu kunci.
  7. Lepaskan Croll korban dan buka kunci descender. Kemudian kencangkan descender lalu kunci kembali . Injak footloop korban, berdiri sambil melepaskan Croll penolong, Footloop dari Carabiner Jammer korban dan Croll korban.
  8. Setelah itu pasang dua carabiner dikaitkan ke maillon rapide penolong dan maillon rapide korban yang fungsinya sebagai tempat menggantung penolong dari korban.
  9. Lepaskan Jammer, lepaskan kunci Descender lalu bawa korban turun.

 

METODE COUNTERWEIGHT DENGAN COWSTAIL PANJANG
Caranya yaitu :
  1. Mendekatlah keposisi korban.
  2. Cantolkan Carabiner ke bagian bawah Maillon Rapide korban
  3. Lepaskan Jammer penolong dari tali, lalu lepaskan Cowstail Panjang dari Jammer.
  4. Pasang Carabiner Cowstail Panjang pada lubang bagian atas Croll. Berdiri dengan menggunakan Footloop korban lalu kaitkan bagian tengah Cowstail panjang ke Carabiner Jammer korban. Sisakan jarak 10 cm antara carabiner cowstail dengan carabiner jammer.
  5. Lepaskan Croll penolong. Selanjutnya beban penolong bepindah ke cowstail panjang.
  6. Dorong pantat korban keatas, dorongan tangan akan membantu tarikan Cowstail Panjang menarik korban keatas, hingga Croll korban kendur atau tidak terbebani.
  7. Pasang Descender lalu kunci. Lepaskan Croll korban. Buka kunci Descender kencangkan talinya lalu kunci kembali.
  8. Berdiri dengan menginjak Foot Loop korban, lepaskan Carabiner Cowstail panjang dari lubang bagian atas Croll korban, lepaskan bagian tangah Cowstail panjang dari Carabiner Jammer Korban.
  9. Pasang dua buah Carabiner lalu kaitkan ke Maillon Rapide penolong kemudian kaitkan lagi ke Maillon Rapide korban (berfungsi tempat menggantung penolong dari korban).
  10. Lepaskan Jammer, lalu bawa turun korban.

 

MEMOTONG TALI
caranya yaitu :
  1. Mendekatlah keposisi korban lalu cantolkan Cowstail pendek penolong ke Maillon Rapide korban.
  2. Lepaskan Cowstail panjang korban dari Jammer. Biarkan Footloop korban tetap pada tempatnya.
  3. Jika penolong bergerak dari bawah sebaiknya membawa ujung tali keatas pada saat naik dan ujung tali tersebut yang di cantolkan ke jammer setelah dibuat simpul delapan. Tetapi jika penolong bergerak dari atas kebawah pada saat mendekati korban buatlah loop sekitar dua meter lalu buat simpul delapan dan cantolkan ke carabiner jammer.
  4. Perhatikan jarak antara Jammer dan Croll korban, yaitu minimal 30 cm.
  5. Pasanglah Descender pada tali yang baru terpasang tadi lalu dikunci.
  6. Doronglah Descender korban keatas apabila akan mengencangkan tali antara Jammer dan Descender.
  7. Pasang kembali Jammer penolong untuk mendapatkan posisi yang sejajar dengan korban. hal ini dilakukan untuk memudahkan kita memotong tali.
  8. Ambil pisau dan potonglah tali tepat diatas Croll korban.
  9. Injak Foot Loop korban untuk melepaskan Jammer penolong.
  10. Pasang dua Carabiner lalu kaitkan ke Maillon Rapide penolong dan Maillon Rapide korban yang fungsinya sebagai tempat menggantung penolong dari korban.
  11. Beban akan berpindah ke descender korban. Selanjutnya penolong melepaskan kunci descender lalu membawa korban kebawah.

 

MEMBAWA TURUN KORBAN MELEWATI INTERMEDIETE
Caranya :
  1. Turunlah dengan membawa korban dan berhenti ketika Descender sejajar dengan Anchor, lalu kuncilah Descender.
  2. Pasang satu lagi Descender kemaillon rapide korban bersebelahan dengan descender yang pertama. Ambil tali yang dibawah anchor pasang ke descender yang kedua lalu kunci.
  3. Lepaskan kunci descender yang pertama, ulurkan talinya hingga beban berpindah ke descender yang kedua. Lepaskan tali dari descender yang pertama dan turunlah dengan descender kedua.

 

MELEWATI SAMBUNGAN TALI
Caranya :
  1. Berhenti dua meter diatas simpul dan kunci Descender. Buat Simpul Delapan dekat simpul sambungan tali lalu loopnya masukkan ke Carabiner Jammer.
  2. Pasang Jammer yang telah disambungkan dengan Loop simpul tadi ke tali diatas Descender.
  3. Ambil Descender yang kedua lalu pasang ke Maillon Rapide korban bersebelahan dengan Descender yang pertama. Pasang Descender kedua ketali dibawah simpul yang tercantol pada Jammer dan kunci.
  4. Dorong Jammer keatas untuk mengencangkan tali antara Descender dengan Jammer.
  5. Lepaskan kunci Descender yang pertama, kendurkan talinya sampai beban berpindah ke descender yang kedua.
  6. buka kunci descender pertama dan lepaskan dari tali. Buka kunci descender kedua dan rappelling dengan membawa korban kebawah.

 

sumber :mapala-gms-artikel.blogspot.co.id
Rp 700.000
Rp 40.000
Rp 2.590.000
Rp 1.140.000
Rp 80.000
Rp 5.870.000

Address

Safety and Rescue Store
Jl Ahmad Yani No 365,

Mendungan, Pabelan, Solo,
Jawa Tengah – Indonesia

083 819 600 200
email :
contact@onsight-adventure.com

 

Rekening Bank

M. FAUZAN, 3930297321
M. FAUZAN, 1380007586493
M. FAUZAN 0201796808

Facebook Fanpage

Testimoni

  • No comments yet
Lihat Semua Testimoni →

Pengiriman